Kegiatan Outdoor Saat Pandemi

Lebih dari 2 bulan menjalani aktivitas #dirumahaja demi memutus mata rantai penyebaran virus yang lagi eksis ini. Kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi kamu yang biasanya aktif berkegiatan outdoor. Rindu menghirup udara kebebasan; menikmati gemerlap lampu malam, hilir mudik orang-orang di jalan, deru suara kendaraan, hawa sejuk di tengah bentangan hijaunya alam, suara kicau burung bersahutan, atau canda tawa riang saat berkumpul bersama teman-teman.

Beberapa aktivitas di luar ruangan ini terbilang cukup aman sehingga bisa kamu lakukan, minimal mampu sedikit mengobati kejenuhanmu selama di rumah aja, demi menjaga kewarasan:

1. Berjalan/ Jogging di Sekitar Komplek Perumahan

Terlalu lama #dirumahaja bukan tidak mungkin membuat sebagian orang jadi stress, apalagi bagi mereka yang biasanya aktif berkegiatan di luar rumah. Sedangkan stres dapat memengaruhi tingkat kesehatan seseorang, padahal di saat pandemi seperti saat ini setiap orang sebaiknya benar-benar menjaga kondisi kesehatan fisik dan mentalnya. Untuk itu, sejenak menghirup udara luar sekaligus berolahraga sambil menikmati pemandangan bisa kamu pilih sebagai cara untuk tetap menjaga kewarasan.

Sebaiknya pilihlah waktu dimana suasana masih sepi, setelah shalat subuh misalnya, jangan lupa kenakan masker, dan membawa bekal air minum serta hand sanitizer. Jika kebetulan bertemu atau berpapasan dengan orang yang dikenal, kamu cukup menyapa dengan lambaian tangan atau anggukan saja sambil tetap melanjutkan perjalanan. Sebisa mungkin hIndari menggunakan fasilitas umum.

Menurut hasil penelitian dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Environment and Behavior, orang yang menghabiskan waktu selama 40 menit berjalan di alam mengalami penurunan hormon stress kortisol lebih besar daripada mereka yang berjalan di dalam ruangan/ di atas treadmill, atau yang menonton program alam di TV dalam waktu yang sama. Mereka pun merasakan suasan hati yang lebih baik setelahnya.

2. Piknik/ Camping di Halaman Rumah

Untuk pergi ke tempat perkemahan, atau tempat wisata serupa tentu saat ini tidak dianjurkan. Tapi bukan berarti kita tidak bisa menikmati suasana kebersamaan di udara terbuka. Menatap langit malam sambil berbincang bersama orang-orang tersayang, atau menikmati makanan hasil olahan bersama tentu akan selalu menjadi moment yang indah. Kita semua tentu setuju, jika suatu moment menjadi istimewa bukan soal dimananya, tapi dengan siapa melaluinya.

Eh tapi, pastikan orang tersayang yang dimaksud di sini adalah keluarga yang tinggal serumah aja, yaaa.

3. Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi cara berolahraga sekaligus refreshing yang menyenangkan. Pastikan menghindari rute yang padat. Bekal minuman dari rumah, untuk menghindari mampir-mampir di tempat umum sekedar untuk menghilangkan haus, misalnya. Kenakan masker dan jangan lupa selalu membawa hand sanitizer, untuk berjaga bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

4. Berkebun

Aktivitas berkebun bersama keluarga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, selain menambah kekompakan,berkebun juga bisa menjadi sarana bagi anak-anak selain melatih motorik mereka.